Senin, 31 Oktober 2011

Ngeblog Lagi!! (semangat senin)


Ehm,.. harus nge-blog! itulah tantangan pertama saya minggu ini, bagaimana tidak, salah seorang teman saya  kemaren2 sedang rajin2nya ngeblog, dan hal ini paling tidak membuatku 'sedikit' tertantang untuk mulai ngeblog lagi. Memang akhir-akhir ini saya muli malas membuat catatan yang bagus, lebih banyak semacam raw di buku atau nge-twit-galau bersama teman-teman yang kembali-akrab di dunia linimasa/gariswaktu tersebut. Sedikit perubahan ini karena (menurut saya) waktu luang yang tidak sebanyak dulu. Memang dulu banyak nulis sih, tapi bukan untuk blog ini, tapi untuk be.. *tiba-tiba di bekap* keep it secret deh. Hehe


Anyway, bicara tentang ngeblog, jadi pingin share beberapa manfaat yang bisa didapat dari ngeblog atau globalnya disebut menulis. Walaupun belum lama ngeblog, (dan jangan liat postingan yang belum seberapa itu, karena kebanyakan saya Cuma ber-blog-walking) bolehlah saya berbagi sedikit manfaat (dan semangat, tentunya) untuk menulis (nge-blog,red). 

Manfaat menulis : Menurut James W. Penebeker, seorang ahli psikologi bahwa menulis merupakan metode yang tepat untuk memahami dan memecahkan gejolak pribadi. Tuliskan segera apa yang ingin anda keluarkan dan setelah anda baca kembali, beban dan trauma yang sedang anda alami akan lebih ringan dan yang penting, perasaan, pikiran akan sehat kembali.

Sedangkan berdasarkan postingan agan Readzaduzz dalam postingannya 9 Manfaat Menulis Diary Bagi Kesuksesan Seseorang menulis dapat digunakan sebagai terapi diri untuk meraih kesuksesan. Mengapa dikatakan menulis sebagai terapi? Sebab, banyak manfaat menulis termasuk diari, yang dapat kita jadikan terapi diri secara berkala, yang berguna bagi pengembangan diri kita. Beberapa manfaat yang dikemukakan dalam postingan itu adalah :
  1. Menghilangkan stres, karena dengan menulis kita bisa mencurahkan perasaan kita tanpa takut diketahui orang lain.
  2. Sebagai media merencanakan target yang ingin dicapai. Perencanaan ini dimaksudkan agar kita dapat meraih target yang diharapkan secara konkret. Dengan menuliskan berbagai hal yang ingin dicapai, itu akan membantu kita dalam memompa semangat dan meraih target tersebut.
  3. Untuk menuliskan komitmen; komitmen merupakan hal pokok yang diperlukan oleh setiap orang dalam meraih segala tujuan.
  4. Sebagai pengontrol target; Menulis akan membantu kita dalam melihat hasil dari proses pencapaian usaha, yang kita lihat dengan target yang ingin kita capai.
  5. Alat memformulasikan ide baru;   Ide dan rencana awal yang kita buat belum tentu sesuai dengan kondisi yang ada. Kondisi ini tentu saja membuat kita perlu menambah berbagai rencana baru yang sesuai dengan kondisi yang ada.
  6. Sebagai gudang inspirasi; diari adalah tempat untuk menuliskan berbagai ide yang muncul supaya memudahkan kita dalam menemukan solusi baru yang lebih efektif dalam menyelesaikan sebuah masalah.
  7. Alat penyimpan memori; Karena kemampuan manusia untuk mengingat peristiwa, pengetahuan, maupun hal unik lainnya tentu terbatas, dan disinilah tulisan beraksi.
  8. Alat memudahkan penyelesaian masalah; Setiap permasalahan yang berhasil kita selesaikan akan melatih kita dalam menyelesaikan masalah berikutnya. Dengan menuliskannya akan memudahkan kita nanti dalam menghadapi masalah yang hampir sama, atau melihat kembali cara kita menyelesaikan masalah itu.
  9. Sebagai media refleksi dan kebijkasanaan; karena menulis dapat membantu kita lebih jelas melihat dan memetakan masalah, dan akhirnya memudahkan kita mencari penyelesaian yang tepat atas masalah tersebut. Dan semakin banyak masalah yang kita selesaikan dengan baik, akan menjadikan kita lebih bijaksana dalam menghadapi masalah dalam kehidupan ini.
Wah, besar sekali ternyata manfaatnya, jadi tunggu apa lagi? Ayo kita mulai menulis!!! (menyemangati diri sendiri, cemungudth eaa kaqaa). Anyway, Itu baru sembilan point lho, dan saya yakin masih banyak lagi manfaat dari menulis, mungkin teman2 bisa menambahkan pointnya dari pengalamannya masing2. 
Selamat menulis!

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar