Selasa, 03 Januari 2012

Resolusi 2012?



tengah malam, waktu berganti, suara terompet membahana, dan ledakan dimana-mana (tahun baru).

Akhir tahun 2011 dan 2012 pun menyingsing. Dan sepertinya dimana-mana banyak yang membahas mengenai resolusi 2012. Sebenarnya ingin me-review resolusi tahun kemarin, tapi karena momentnya sudah lewat, dan memang gak punya resolusi jadi terpaksa niat baik itu diurungkan terlebih dahulu. #ngook. Apa sih makna dari Resolusi? Menurut KBBI makna dari resolusi adalah putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yg ditetapkan oleh rapat; pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal. Jadi siapa saja yang sudah membuat tuntutan terhadap diri-sendiri? #oposeh.
Bicara tentang resolusi, atau rencana, jadi teringat secarik kertas ungu yang tersimpan di dompet. Mungkin hanya itulah rencana (atau boleh disebut reolusi) yang pernah ku buat. Yap, kertas itu masih tersimpan rapi di salah satu kantong rahasia dompetku, saking rapinya aku pun baru ingat ada beginian di dompetku, #gubrak

Berawal dari diklat Over KSR PMI, salah satu organisasi kemahasiswaan di kampus, yang salah satu tugas kita adalah menuliskan 3 target yang akan dilalui dalam 3 tahun ke depan dalam secarik kertas yang kebetulan berwarna unyu ungu. Apa yang ku tuliskan? Gak muluk-muluk sih, Cuma target : lulus kuliah, kerja di salah satu direktorat (entah kenapa dulu lagi suka2nya dengan ini), dan terakhir adalah memiliki penghasilan tambahan. Dan apakah sudah terwujud? Paling tidak ada 2 target terlaksana, lulus, dan penghasilan tambahan. Yang satunya? Tidak terwujud, karena jujur tidak bisa aktif dalam mengusahakan penempatan. Hanya doa dan nasib yang menentukan, dan sepertinya nasibku bukan disitu (lupakan).

Tinggalkan sejenak kertas janda itu, kembali ke resolusi. Bukan sekedar pembicaraan yang hangat di awal tahun, lalu 1 bulan kemudian dilupakan, resolusi sudah seharusnya mempengaruhi seluruh kegiatan yang akan kita lakukan di tahun tersebut. Dalam membuat resolusi, selain menuliskan target, baiknya kita juga menuliskan rencana yang akan dilakukan agar target kita tercapai. Selain itu kita juga harus konsisten dalam menjalankan rencana-rencana tersebut. Misalkan resolusi kita adalah menurunkan berat badan 10 kg, maka dalam setahun itu kita akan berusaha mengatur diet sehat dan mengatur pola hidup yang bisa mendukung tercapainya target kita tersebut. 

Anyway, hari ini saya coba buat menuliskan ‘beberapa’ resolusi ku di tahun 2012, yap..hanya ‘beberapa’, karena ‘beberapa’ yang lain itu masih dirahasiakan. Bwhahaha
  • Membuat buku, agak muluk-muluk sih, atau minimal blog/web yang lebih bagus dengan alamat sendiri tanpa embel-embel .blogspot atau .wordpress dan sejenisnyalah. Sedikit susah sepertinya, tapi ya namanya juga target, kalau tidak menantang kan kurang asik.
  • Belajar mengenai komputer, gadget, atau sejenisnya. Dan secara maksimal, dalam artian bisa membuat program, atau bisa merakit komputer sendiri.
  • Bisa berkomunikasi menggunakan bahasa inggris dan bahasa arab (jepang atau china mungkin) dengan lancar. Secara bahasa inggris yang katanya bahasa internasional, bahasa arab adalah bahasa Al-Qur’an, jepang sebagai bahasa anime #ngeek dan China karena tiba-tiba tertarik dari teman sekantor magang.
  • Dan terakhir kembali tentang masalah cinta, semoga bisa menentukan dan menetapkan dimana pastinya perahu cinta ini kan berlabuh, #tsaaahh


2 komentar: